Tempoyak Durian Lampung yang Sensasional

tempoyak-durian-wisata-kuliner-lampung-eloratour
Tempoyak Durian Lampung, kuliner tradisional khas Lampung



Tempoyak Durian Makanan Khas Lampung yang Sensasional Rasanya


Provinsi Lampung tidak hanya dikenal dari destinasi tour wisata nya yang indah, namun juga menyimpan kekayaan kuliner yang lezat.  Maka jika kalian berwisata ke Lampung, jangan lupa hunting makanan tradisional khas Lampung, salah satunya adalah tempoyak.  Kuliner khas Lampung bernama tempoyak ini terbuat dari buah durian.


masakan-tempoyak-durian-lampung
Aneka Masakan dari Tempoyak Durian Lampung


Aneka Masakan Kuliner Tradisonal Lampung Berbahan Tempoyak


Tempoyak biasa digunakan un tuk penyedap masakan, misalnya untuk dicampurkan dengan sambal, atau dimasak dengan bahan makanan lain, terutama ikan, baik dibuat sayur pindang, gulai, maupun pepes.

Tempoyak merupakan masakan tradisional Suku Lampung, terbuat dari buah durian yang difermentasi. Saat ini tempoyak durian sudah dikenal di berbagai wilayah baik di Indonesia, maupun di negeri tentangga seperti Malaysia.




Masakan khas Lampung ini dibuat dari daging buah durian yang benar-benar matang, yang sudah dipisahkan dari bijinya, dan diberikan sedikit garam. Kemudian tambahkan cabe rawit secukupnya, hal ini untuk mempercepat fermentasi.  Durian yang sudah diberi bumbu tadi, kemudian difermentasi di tempat yang tertutup rapat misalnya guci, atau toples, dan kemudian disimpan di tempat yang sejuk. Setelah kurang lebih 2 minggu, fermentasi daging buah durian ini sudah jadi tempoyak

Tempoyak durian yang dicampur dengan sambal, menjadi menu khas dalam ritual makan bernama Nyeruit -- makan bersama-sama khas lampung.


Nyobain Tempoyak Durian Lampung Yuk !!