Air Terjun Sukadanaham Tempat Uji Fisik di Pinggiran Kota Bandar Lampung

Kota Bandar Lampung selain memiliki destinasi wisata berupa spot foto, wisata kuliner, taman wisata, juga punya satu destinasi wisata alam berupa air terjun, namanya Air terjun Sukadanaham. Air terjun yang terletak di Desa Batu Putu Bandar Lampung ini cocok sebagai tempat uji fisik.



air-terjun-sukadanaham-tour-wisata-lampung-eloratour
Pemandangan asri dan sejuk di Air Terjun Sukadanaham Bandar Lampung. 
Foto: Tour Wisata Lampung - Eloratour

Jalur 300 Anak Tangga Air Terjun Sukadanaham

jalur-uji-kebugaran-fisik-di-air-terjun-sukadanaham
Uji kebugaran fisik di jalur 300 Anak Tangga Air Terjun Sukadanaham.
Foto : tour wisata lampung-eloratur

Untuk menikmati keindahan air terjun Sukadanaham,  dari lokasi parkiran kita harus berjalan dan menuruni sekitar 300 lebih anak tangga, melintasi wilayah hutan lindung.  Anak tangga menuju terjunan memiliki kemiringan hingga 40 derajat.  Turun ke air terjun dan kembali ke parkiran melewati 300 anak tangga yang cukup curam merupakan tantangan yang harus dilalui, di situ kita bisa menguji ketangguhan serta kebugaran fisik kita.    

Air Terjun Sukadanaham terletak di Desa Batu Putu, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Propinsi Lampung.  Karena letaknya tadi, maka sebagian orang menamainya sebagai Air Terjun Batu Putu, yang lain ada juga yang mennyebutnya lengkap Air Terjun Sukadanaham Batu Putu. Air Terjun Sukadanaham Terletak di sebuah lembah aliran sungai Way Belau di kawasan Hutan Lindung  dan berada di dekat area perkebunan durian dan kakao milik warga, sehingga suasananya masih cukup hijau dan asri.

Untuk mencapai tempat ini tidak lah begitu jauh dari pusat kota Teluk Betung, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Kota Bandar Lampung menggunakan kendaran bermotor.


Keindahan air terjun Sukadanaham yang memiliki ketinggian terjunan sekitar 10 meter ini bisa dinikmati pengunjung dari dekat.   Meski keindahan air terjun ini cukup cantik dan tak kalah dengan objek wisata lain di Bandar Lampung, namun tak banyak warga kota Bandar Lampung yang mengetahui keberadaan lokasi wisata ini. Hanya warga setempat yang mengunjungi lokasi wisata ini.


Akses Menuju Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Sukadanaham Batu Putu, airnya jernih kalau tidak musim hujan.  .
Foto: Harganas 2017 Lampung, Traveling Yuk, Tour Wisata Lampung - Eloratour


Bagi sebagian besar pecinta alam di Bandar Lampung, nama Air Terjun Sukadanaham sudah tak asing lagi, dan mereka sangat hafal jalur menuju air terjun Sukadanaham. Kawasan ini sering menjadi tempat favorit "nongkrongnya" para pecinta alam.

Ada 2 jalur untuk menuju Air terjun Sukadanaham.  Pertama dari arah Kemiling, kita menuju Obyek wisata Penangkaran Rusa, kemudian dari situ ambil arah menuju ke arah Wira Garden.  Gerbang masuk ke arah Air Terjun ada di sebelah kiri, sebelum Taman Wisata Bumi Kedaton dan Wira Garden.

Kedua, sebaliknya jika dari arah Teluk Betung atau Tanjung Karang, kita menuju ke arah Taman Bumi Kedaton atau Wira Garden, terus menuju ke arah Taman Kupu-kupu Gita Persada.  Lokasinya berada di antara dua obyek wisata tersebut, sekitar 10 menit dari Bumi Kedaton, gerbangnya ada di sisi kanan jalan.

Jika dari kota Bandar Lampung di tempuh sekitar 45 menit berkendara, berbelok dari pintu gerbang atau ujung desa dapat ditempuh melalui jalan aspal hingga lokasi parkiran. Selanjutnya berjalan menuruni anak tangga dari semen dan paving block hingga mencapai lokasi terjunan Air Terjun Sukadanaham.

Fasilitas dan Akomodasi di Air Terjun Sukadanaham


Air Terjun Sukadanaham Batu Butu memiliki beberapa fasilitas seperti tempat parkir yang luas, mushola atau tempat ibadah, kamar kecil (WC), area perkemahan dan jalan setapak.  Bahkan sempat ada kantin dan tersedia tempat penyewaan kuda untuk ditunggangi mengelilingi daerah sekitar.  Namun sepertinya kantin dan penyewaan kuda tidak lagi ada, kecuali bersifat musiman, yakni saat ramai pengunjung, sebab pada hari-hari biasa lokasi wisata ini masih sepi.


Gerbang Masuk Air Terjun Batu Putu Kurang Jelas

Sepinya pengunjung mungkin karena banyak yang tidak tahu jalur menuju air terjun Sukadanaham, sebab gerbang masuk menuju lokasi air terjun tidak jelas.  Padahal gerbang masuknya berada di antara destinasi wisata lain di Bandar lampung, yaitu di antara Taman Wisata Bumi Kedaton dan Taman Kupu-kupu Gita Persada.

Di bawah terjunan sudah dibangun kolam kecil yang menampung luapan air, dapat dipakai berenang atau berendam.

Gimana, cukup menarik dan menantang kan wisata ke Air Terjun Batu Putu Sukadanaham ?!

Yuk Wisata ke Air Terjun Sukadanaham ! 


Menuju : Destinasi Tour Wisata Hits di Lampung